Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

http://i1228.photobucket.com/albums/ee451/redevilsamurai/Trotol201.jpg

Pada kesempatan ini, lagi-lagi masih seputar bagaimana cara membedakan jenis kelamin pada burung kicauan. Jikalau sebelumnya sudah diulas tentang ciri-ciri Murai Batu jantan dan betina, sekarang mari mengenal sedikit bagaimana cara membedakan Anis Merah jantan dan betina. Namun seperti biasanya, mohon dimaafkan jika informasi tentang cara membedakan anis merah jantan dan betina pada blog ini kurang akurat mengingat info yang ditulis hanya berdasar pada hasil pencarian di mesin pencari. Namun demikian, bukan berarti ciri-ciri anis merah jantan dan betina yang akan ditulis dibawah tidak layak untuk di pertimbangkan.

Sebelum lanjut pada cara membedakan anis merah jantan dan betina, alangkah baiknya untuk saya sampaikan bahwa tips dibawah hanya berlaku pada Anis Merah trotol atau Aniserah bakalan. Untuk cara membedakan Anis Merah jantan dan betina dewasa, sepertinya sangat sulit mengingat tidak ada ciri-ciri yang tampak dari morfologi burung tersebut.

Tidak perlu bertele-tele, berikut cara membedakan anis merah jantan dan betina yang masih trotol.

1. Ciri-ciri anis merah jantan
Untuk mengetahui apakah trotolan Anis Merah berkelamin jantan, kita cukup mengamati warna pada sayap. Biasanya, trotolan Anis Merah jantan memiliki warna sayap yang cukup mengkilap. Selain itu, pada bagian bulu disekitar sayap tidak terdapat warna kuning-kuningnya
2. Ciri-ciri anis merah betina
Untuk membedakan kelamin pada Anis Merah betina,
Trotolan Anis Merah betina biasanya memiliki warna sayap yang agak kusam dan disertai dengan warna-warna kuning pada bagian sayap. Biasanya, warna-warna kuning itu terdapat pada bulu sayap baik itu dari bulu yg paling kecil maupun pada bulu yg paling besar. Untuk jumlahnya, kurang lebih 5-6 helai.

Walau terlihat simple, namun cara membedakan anis merah jantan dan betina diatas cukup sulit untuk diaplikasikan. Jikalau para hobies masih bingung, sangat disarankan membeli anis merah jantan dari penangkar yang terpercaya. Atau jika memungkinkan, belilah Anis Merah yang sudah jadi.

Akhir kata, semoga cara membedakan anis merah jantan dan betina diatas bermanfaat bagi semua. Kritik dan saran tentang cara membedakan anis merah betina dan jantan sangatlah diharapkan.

1 komentar:

gojin mengatakan...

maf gan numpang tanya nh,
saya punya AM trotol waktu beli katanya jantan,

ini cirinya: mata belo paruh tebal n panjang kaki hitam
sering angkat kaki sebelah waktu santai,,
tp yg bikin saya bimbang warna bulunya aga kusam,
apakah AM betina juga sering angkat sebelah waktu santai,,?
dengan ciri2 tersebut menurut agan apakah AM SAYA ITU JANTAN OR BETINA,,?

Poskan Komentar