Tips Merawat Kenari F1 Calon Jawara

Tips Merawat Kenari F1 Calon Jawara

Lebih Mantap Dikonteskan Bila Sudah Cukup Umur


Kenari hasil silangan jenis Yorkshire dengan lokal atau lebih dikenal dengan sebutan F1 memang lagi digandrungi. Selain posturnya yang lebih besar dan gagah, kualitas irama lagu maupun volumenya jauh lebih baik ketimbang jenis local pada umumnya.

Lantas bagaimana dengan anggapan bahwa jenis ini sulit nampil di lapangan ? ketimbang kenari lokal yang jauh lebih muda ditampilkan di lapangan. Mungkin itu hanya faktor umur, umur kenari F1 semakin dewasa dan cukup umurnya burung kenari akan tampil lebih baik saat di lapangan. Itupun kembali ke dasar mental burung itu sendiri.

Burung kenari jenis F1 akan jauh lebih aman dan lebih mantap ditampilkan ke lapangan (dilombakan) minimal umurnya di atas 1 tahun atau bahkan 1,5 tahun atau paling tidak sudah dua kali mabung. Karena berbeda dengan jenis kenari lokal biasa, pada umur 7 bulan jenis ini sudah bias dibawa dan tampil di lapangan bahkan bisa juara. Jenis burung lokal masa mabungnya juga jauh lebih cepat. Lain halnya dengan jenis F1 paling tidak minimal umur 9 bulan burung baru mulai gacor disaat beres mabung pertama.

Jadi, kesimpulannya bilamana ingin burung jenis F1 tampil stabil di lapangan lebih baik diturunkan ke lomba disaat memasuki cukup umur paling tidak diatas 1 tahun. Dengan begitu mental burung akan lebih stabil kedepannya. Ketimbang burung masih muda terus dibawa ke lomba.

Perawatan Harian
Untuk perawatan harian, yang penting mandi jemurnya. Khusus makanan maupun ekstrafoodingnya sama seperti jenis lokal lainnya, seperti telur puyuh rebus, apel merah, daun selada atau sawi bisa juga ketimun disaat musim panas, tinggal setelan menunya terutama anakan pemberian telur puyuh rebus harus rutin setiap hari guna mamacu pertumbuhannya.

Khusus penjemuran, burung kenari jenis F1 jangan terlalu lama dijemur ditengah terik matahari. Cukup sekilas saja, apalagi bila burung masih muda atau anakan. Burung kenari jenis F1 lebih sering terkena dehidrasi bila terkena panas terlalu lama, mungkin karena bulunya saja yang tebal, jadi setelah terkena panas matahari, akan menyimpan panas lebih lama, jadi tidak kuat lama dijemur.

0 komentar:

Poskan Komentar