Ciri-Ciri Cucak Ijo Jantan dan Betina

http://4.bp.blogspot.com/_f0c-gFY1J5s/TGqhIs2JT3I/AAAAAAAAABA/-oBcOzTlJpM/s1600/cicoce2.jpg

Pecinta cucak ijo di seluruh nusantara tentu paham betul bahwa untuk membedakan cucak ijo jantan dan betina pada usia dewasa tidaklah sulit. Pendapat ini bukan mengada-ada mengingat ciri-ciri cucak ijo jantan dewasa sangat kontras di banding dengan cucak ijo betina. Apabila sudah berganti bulu dewasa, ciri yang paling jelas terlihat pada cucak ijo jantan adalah munculnya topeng hitam di bagian kepala. Sementara untuk cucak ijo betina, ciri-ciri nya mulus tanpa topeng hitam. Ini jelas jauh lebih mudah ketimbang mencari ciri-ciri anis merah jantan.

Namun pertanyaanya, bagaimana jika kita ingin membeli cucak ijo yang masih trotol? Bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina pada usia tersebut? Berdasar informasi yang beredar di internet, ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina adalah sebagai berikut.

1. Ciri-ciri cucak ijo jantan trotol atau bakalan
- Alis mata berwaran kuning
- Paruh bagian bawah berwarna coklat tua
- Warna leher terdapat trotol atau bintik-bintik hitam

2. Ciri-ciri cucak ijo betina trotol atau bakalan
- Alis mata berwarna putih atau kuning pudar
- Paruh bagian bawah berwarna putih abu-abu
- Warna leher berwarna hijau terang

Meski ciri-ciri diatas bisa digunakan sebagai panduan dalam memilih cucak ijo bakalan, namun hal tersebut tidaklah mutlak. Ada kalanya ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina diatas telah di manipulasi oleh para pedagang burung. Oleh karena itu, tetaplah waspada dalam membeli.

Mengingat ciri-ciri cucak ijo jantan dan betina diatas masih kurang sempurna, ada baiknya kita tetap belajar dari pengalaman masing-masing tentang bagaimana cara membedakan cucak ijo jantan dan betina dengan tepat.

Semoga bermanfaat…

0 komentar:

Poskan Komentar