Ciri Tledekan Jantan Dan Betina

Sebelum bicara lebih lanjut mengenai ciri tledekan jantan dan betina, mungkin ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang latar belakang dari burung fighter kecil ini. Burung tledekan atau sulingan secara umum memiliki panjang badan sekitar 8 sampai 20 cm dan memiliki nama latin Vivid Niltava atau Niltava Vivida. Daerah penyebaran tledekan / sulingan bambu terdiri dari Asia Selatan, Asia Tengah dan Asia Tenggara termasuk kawasan Indonesia. Habitat yang disukai oleh burung Murai Batu mini ini adalah daerah lembab seperti pegunungan, daerah aliran sungai dan hutan berdaun lebat.

Ciri Tledekan Jantan Dan Betina, Sulingan Jantan Dan Betina, Sulingan Bambu.Cara membedakan jenis kelamin pada tledekan dapat dilakukan dengan melihat warna bulu.

1. Ciri tledekan jantan / Ciri Tledekan Gunung Jantan / Ciri Sulingan Jantan:
- Bulu bagian atas berwarna biru tua
- Terdapat warna biru cerah pada bagian kepala
- Warna bulu bagian dada berwarna kuning jeruk

2. Ciri tledekan betina / Ciri Tledekan Gunung Betina / Ciri Sulingan Betina:
- Bulu bagian atas berwarna coklat zaitun
- Warna bulu pada bagian perut coklat muda
- Khusus untuk bakalan, tledekan betina berwarna coklat muda

Ciri-ciri tledekan jantan dan betina diatas tidaklah mutlak. Namun demikian, mayoritas pecinta burung kicauan pasti sepakat dengan pendapat tersebut. Supaya ciri tledekan gunung jantan dan betina diatas bisa mendekati sempurna, jangan sungkan untuk memberikan saran, kritik dan masukan pada blog ini.

Wassalam dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar