Solusi Anis Merah Macet Agar Bisa Berkicau Kembali

Pemberian Obat-Obatan Yang Dapat Menutupi Defisiensi Nutrien Pada Burung.

Sebagian besar pemilik anis merah memiliki problem anis merahnya macet bunyi setelah proses ganti bulu selesai. Kondisi yang dialami oleh anis merah yang macet bunyi tersebut dimungkinkan karena terjadi defisiensi nutrisi selama proses ganti bulu. Selama proses ganti bulu, metabolisme burung meningkat hingga 30%, sehingga kebutuhan nutrisi yang diperlukan oleh burung juga meningkat sebanyak 30% dibanding ketika tidak ngurak. Nutrisi tersebut dipakai oleh burung untuk pembentukan bulu dan untuk regenerasi sel-sel reproduksi yang mengalami kerusakan selama proses ganti bulu.

Sebagian besar pemilik anis merah memberikan porsi pakan yang lebih buruk selama ngurak sehingga anis merah mengalami defisiensi nutrisi. Jika anda memebrikan porsi pakan selama masa mabung sama dengan atau bahkan mungkin lebih buruk dibanding dengan masa tidak mabung maka burung anda akan mengalami problem macet bunyi. Jika hanya diberi extrafooding kroto, jangkrik tentu saja belum dapat memulihkan kondisi anis merah yang macet bunyi tersebut. Kondisi anis merah yang macet bunyi dapat dipulihkan dengan pemberian obat-obatan yang dapat menutupi defisiensi nutrisi pada anis merah tersebut.

Berdasarkan pengalaman kami, dengan pemberian obat yang dapat merangsang proses metabolisme secara rutin serta pemberian multivitamin yang dapat meningkatkan kesehatan burung dengan tanpa meninggalkan perawatan harian yang bagus, dalam waktu yang tidak begitu lama anis merah yang macet bunyi tersebut akan dapat berkicau dan bergoyang lagi. Jangan lupa pemberian buah pisang, apel, atau pepaya, serangga, cacing, kroto, harus diberikan secara rutin. Dan bila perlu sekali-kali dicash dengan anis merah betina siapa tahu langsung gacor.

0 komentar:

Posting Komentar